Manajemen PT. DI beri Kuliah Umum di ULM

PT Dasa Intiga (DI) menjadi pembicara dalam Kuliah Program Magang Fakultas Kehutanan, Universitas Lambung Mangkurat (UnLam), di BJanjarbaru, 30 Januari 2018. DI diminta karena dinilai menjadi salah satu perusahaan tolok-ukur Pengelolaan Hutan Alam Lestari (PHPL). Ryu Pelata, dibantu HRD GPS Holding mewakili Manajemen DI memberikan materi kuliah berdurasi 2,5 jam tersebut.

Foto 1 : Suasana Kuliah Umum

Kuliah Program Magang ini merupakan kuliah umum tahunan untuk mempersiapkan mahasiswa tingkat akhir yang magang di beberapa perusahaan. Dijelaskan oleh pembimbing mahasiswa, bahwa selama ini kuliah umum magang diberikan oleh internal fakultas, namun mulai tahun ajaran 2019, materi kuliah disampaikan oleh perusahaan yang memiliki standar pengelolaan yang baik agar mahasiswa memilki wawasan yang baik tentang dunia kerja.

Foto 2 : Suasana Kuliah Umum

Selain DI, kuliah umum juga diberikan oleh perusahaan tambang, HTI dan lembaga sertifikasi di bidang kehutanan. DI berkesempatan memberikan kuliah tentang PHPL pada IUPHHK, baik secara konseptual maupun implementatif. Dalam paparan dijelaskan tentang sustainable forest management, sertifikasi pengelolaan hutan, proses produksi dan program pengembangan masyarakat sekitar hutan.

Foto 3 : Piagam Kenangan DI

Program magang merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan bidang pendidikan (Corporate Social Responsibility / CSR). Tanggungjawab ini hampir setiap tahun diemban DI, juga unit usaha lain di GPS Group. DI telah menampung mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi, antara lain UGM, IPB, Universitas Palangkaraya, bahkan rutin menerima siswa SMK (Kehutanan) Plus dari Cianjur, Jawa Barat. Durasi magang umumnya 2 – 6 bulan. Banyak dari mahasiswa dan siswa magang telah menjadi Tenaga Teknis (Ganis) bidang-bidang Kehutanan di beberapa perusahaan, bahkan di perusahaan perkebunan dan pertambangan.


Banyak pertanyaan diajukan oleh mahasiswa terkait pengelolaan hutan lestari dan peran kontribusi mahasiswa jurusan kehutanan dalam pengelolaan hutan lestari. Mahasiswa juga banyak bertanya tentang kondisi lapangan terkait rencana mereka untuk magang. (her)