Karyawan Hotel Palm Mengembangkan Potensi Diri

Foto 1 : Susana Pelatihan Potensi Diri

Tanggal 13-14 Februari 2019 lalu, Hotel Palm menyelenggarakan pelatihan internal dengan topic Potensi Diri. Pelatihan ini diikuti oleh 44 karyawan yang dibagi dalam dua gelombang; Pelatihan ini diselenggarakan oleh HRD Hotel Palm yang bekerjasama dengan HRD GPS Holding. Durasi pelatihan 2,30 jam per gelombang. Agenda pelatihan ini merupakan program bulanan Hotel Palm dalam rangka memotivasi dan bagian dari upaya pengembangan SDM.

Foto 2 : Saling Mengungkapkan Potensi Diri

Topik potensi diri sengaja dikedepankan agar karyawan mampu mengenal dan menggali apa saja potensi diri yang dimiliki dan bagaimana mengembangkannya untuk keperluan tugas sehari-hari di perusahaan dan untuk pengembangan diri. Dalam pelatihan ini juga peserta diarahkan untuk mengenal minat dan bakatnya sehingga memberi nilai tambah dalam hidupnya.

Foto 3 : Melihat Feedback Orang Lain tentang Potensi Diri

Dalam pelatihan ini dijelaskan bahwa potensi diri manusia adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia yang masih terpendam di dalam dirinya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan. Ada lima potensi utama manusia, yaitu berpikir, emosi, fisik, sosial dan hati nurani.

Foto 4 : Selingan Game

Dijelaskan bahwa kelima potensi dasar tersebut harus digali dan dikembangkan agar selalu positif pada profesi dan bidang kerja saat ini. Selain potensi dasar, dijelaskan juga tentang bagaimana menemukan minat dan bakat agar bisa menjadi penunjang profesi dan boleh jadi memberi nilai tambah dalam hidup.

Selain itu, kepada peserta juga dijelaskan tentang cara mengembangkan potensi diri, yaitu selalu introspeksi, meminta feedback dari orang lain, memotivasi diri dan selalu positif. Dengan cara demikian, potensi diri selalu terpelihara dan bisa dikembangkan lebih baik sehingga menjadi pribadi yang efektif. (her)*